Login FB
Tentang Penulis

Tidur dan Bangun Telat Bahayakan Kesehatan

Info Oleh edmory1 | General Health | 2 years ago
MEDICALERA.COM, Jakarta - Tidur malam hari telat, membuat bangun di pagi harinya ikutan telat juga. Adanya pembiaran masalah tersebut bisa merugikan kehidupan.

Mengutip dailymail, tim ilmuwan dari Flinders University, Adelaide, Australia meneliti fase gangguan tidur tertunda, yang ditandai dengan kesulitan tidur dan bangun pada waktu standar.

Tercatat gangguan tidur tersebut mempengaruhi hingga 15% remaja, tetapi bisa menjadi masalah seumur hidup.

Pemimpin penelitian Profesor Leon Lack mengatakan, hasil awal menunjukkan jam tubuh internal, orang-orang dengan gangguan tersebut berlari lebih lambat dari kecepatan rata-rata.

"Tak bisa tidur sampai pukul 2 atau 3 pagi di awal, atau dalam beberapa kasus hingga pukul 4 pagi. Itu, yang sangat menyulitkan bangun sesuai komitmen pada hari berikutnya," katanya.

"Kami menyelidiki penyebabnya, kami membaca teliti ternyata jam tubuhnya beroperasi lebih lama dari 24 jam. Kebanyakan orang memiliki jam tubuh 24 jam. Itu ritme alami yang mempengaruhi temperatur kantuk dan inti tubuh, tetapi untuk orang dengan gangguan fase tidur tertunda diperlukan waktu lebih lama menyelesaikan siklus sehingga cenderung tidur telat dan bangun belakangan," terangnya.

Ritme sirkadian makhluk hidup mengikuti siklus harian teratus dengan jam internal tubuh. Itu mempengaruhi siklus tidur dan bangun, suhu tubuh, dan pelepasan hormon. Juga, terpengaruh faktor lingkungan, seperti pencahayaan, terbang dengan pesawat melintasi zona waktu dan bekerja malam hari bergantian.

Profesor Lack mengatakan, tes lebih luas dengan populasi lebih besar perlu terlaksana untuk mengkonfirmasi temuan.

"Terapi yang bisa membantu, seperti terapi cahaya terang mendorong kewaspadaan di pagi hari dan melatonin mendorong kantuk pada malam sebelumnya," katanya.

"Mengekspos orang untuk cahaya terang di awal hari, mungkin menginformasikan jam tubuh yang harus terjaga, sehingga tidur dan bangun lebih awal pada malam berikutnya," imbuhnya.

Ia mengatakan, semuanya penting untuk menemukan penyebab kondisi yang mempengaruhi begitu banyak orang. "Selama ini menyebabkan anak muda terlambat ke sekolah dan ketika sampai ke sekolah lalai mengantuk. Orang dewasa juga dapat mengalami kesulitan saat bekerjaa, karena selalu terlambat bekerja sehingga berefek merugikan," katanya. [aba]
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

Belum ada komentar.