Login FB
Tentang Penulis

Operasi Pita Suara

Hai Selamat malam saya Indra 18thn, begini waktu saya ngisi sacara, saya di tantang untuk bernyanyi dengan oktaf tinggi, sedangkan saya rendah banget suara saya tipe bass. Saya mau bertanya, jika operasi pita suara itu biaya.nya berapa, apakah setelah operasi pita suara, suara saya bertambah seimbang dan bisa mencapai oktaf tinggi dan efek drai operasi itu apa ? Terima Kasih,

Rencana ada audisi asian male pop singer, saya mau ikut...
Laporkan Thread Ini

Jika Anda suka dengan tulisan ini silahkan berbagi

medicalera.com
saputraandre @ 2 years ago
Halo indra,

Memang betul suara utama kita dihasilkan dari getaran pita suara, namun kemudian di generated oleh palatum, lidah, dan bibir, kualitasnya juga bergantung
passage/rongga yg melibatkan sinus, faring, rongga hidung dan mulut. Hal ini lah yg menyebabkan suara tiap orang menjadi unik.
operasi pada pita suara ataupun pada organ lain (bahkan operasi dinding hidung pun) akan sangat mempengaruhi suara yang kita hasilkan.

Namun, saat ini hampir tidak pernah diindikasikan operasi pita suara untuk meningkatkan oktaf. Kecuali memang ada keadaan lain seperti nodul pita suara, atau vocal chord hemorrhage seperti yang dialami Adele.

Resiko yang paling buruk, adalah kehilangan suara sama sekali.

Dalam bernyanyi, kita mengenal beberapa teknik untuk meningkatkan range suara, tentu saja dengan latihan, ada baiknya indra menemui vocal teacher / coach. Dan juga yang penting adalah melakukan upanya upaya sehat seperti minum air putih, tidak merokok, tidak makan gorengan, perbanyak buah, istirahat suara, agar terus dapat bernyanyi secara sehat.

semoga sukses dengan audisinya,
The best singer, is the singer who are wise and healthy in singing :)

Dr andre